Wapres Puji Konversi BPD Sulselbar Menjadi Bank Syariah 

Konversi BPD Sulselbar
Wapres RI saat hadiri silaturahmi Civitas Akdemika UMI dan Launching Z-Mart UMI Baznas Sulsel
banner 120x600

MAKASSAR, Wakili Presiden (Wapres) RI, H Ma’ruf Amin memuji upaya percepatan konversi bank Sulselbar untuk menjadi bank syariah.

Apalagi bank syariah ini berstatus universal atau untuk semua golongan

Hal ini disampaikan saat menghadiri Silaturahmi Civitas Akademika UMI dan launching Z-Mart UMI Baznas Sulsel, di Gedung Auditorium Al Jibra Kampus 2 UMI, Makassar, Sabtu (3/12/2022).

Dia mengaku, keberadaan Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) diketuai Presiden Joko Widodo dan Ketua Harian, Wapres Ma’ruf Amin, sebagai bentuk komitmen pemerintah untuk mendorong pengembangan ekonomi syariah 

Apalagi lanjut dia, dengan adanya rencana konversi Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sulselbar menjadi Bank Syariah. Tentu ini patut disambut baik.

Sehingga, Bank Syariah bisa turut terlibat dalam penopang ekonomi daerah.

“Saya berterima kasih hari ini Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah Sulsel terbentuk sekaligus Sulselbar akan dikonversi menjadi Bank Sulselbar Syariah,” tuturnya.

Dengan adanya Bank Syariah, yang bersifat universal atau umum. Dirinya berharap dapat dimaksimalkan

“Dengan demikian Bank Sulselbar yang akan dikonversi menjadi  Bank Sulselbar Syariah. Tentu akan menjadi potensi ekonomi dan keuangan syariah di Sulsel kedepannya,” jelasnya.

Sementara itu, Plt Direktur Utama Bank  Sulselbar, Yulis Suandi menjelaskan saat ini masih dalam tahap proses BPD Sulselbar menjadi Bank Sulselbar Syariah 

“Kita sudah melakukan pertemuan dengan para pemegang saham dan sudah melakukan RUPS Luar Biasa pada Juni 2022 lalu. Alhamdulillah, Gubernur Sulsel dan Gubernur Sulbar serta seluruh Bupati/Walikota, sepakat rencana konversi tersebut,”tuturnya.

“Sejauh ini Persiapan on progres. kita melibatkan konsultan demi percepatan konversi. Dengan dukungan bapak Wapres RI dan seluruh pemegang saham yang sudah sepakat, tentu menjadi pelecut semangat kami untuk meningkatkan kinerja. Nantinya bank Syariah Universal akan mengayomi semua dan berkearifan lokal,”tutupnya.

Hal ini juga berkat arahan dari Presiden RI, Joko Widodo sebagai Ketua KNEKS dan Ketua Harian Bapak Wapres dan Sekretaris Menteri Keuangan.

“Melihat fenomena bank syariah yang cenderung berkembang di saat pandemi akan menjadi penyeimbang bank konvensional nantinya. 

Konvensional dan Syariah tentu bakal saling melengkapi dengan tetap mengedepankan aspek kearifan lokal dan mengakomodir seluruh anak Bangsa.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *