Astra Daihatsu Makassar Optimis Hadapi 2023 di Tengah Isu Resesi

Astra Daihatsu Makassar optimis hadapi 2023
Astra Daihatsu Makassar gelar media gathering
banner 120x600

MAKASSAR, Menghadapi tahun 2023, Astra Daihatsu Wilayah Indonesia Bagian Timur optimis menghadapi pasar kendaraan roda empat meskipun diterpa isu resesi.

Pertumbuhan penjualan jadi tolak ukur.  Jualan hingga Oktober 2022 ini sudah menyentuh angka 8.543 unit. Jika ditambah November dan Desember 2022 yang belum dirampungkan pencatatannya, pihak Astra Daihatsu memastikan penjualan meningkat dibanding tahun sebelumnya. 

Selama 2021, mencapai 8.598 unit. Hal tersebut dibeberkan dalam media gathering Astra Daihatsu Makassar Cabang Urip Sumoharjo, Sabtu, 10 Desember. 

Terungkap kalau penjualan Daihatsu di Sulsel terjadi peningkatan sepanjang 2022 ini dibandingkan 2021 lalu.

Kepala Cabang Astra Daihatsu Maros, Lesly Allen Siahaya, menyampaikan pada 2022, rata-rata penjualan 716 unit per bulan, sedangkan 2022 ini rata-rata 854 per bulan (hingga Oktober).

“Tumbuh 19 persen,” ujar Lesly yang mewakili pihak Astra International Daihatsu Wilayah Indonesia Bagian Timur. 

Berkaca dari angka-angka itu, Astra Daihatsu Bagian Timur mematok target penjualan pada 2023 mendatang paling tidak sama dengan tahun ini. Hal itu juga merujuk pada gairah pembelian otomotif di Sulsel sangat baik. 

“Namun untuk peningkatan, mungkin saja dicapai angkanya tipis dengan sejumlah kondisi, serta ancaman resesi. Untuk optimisme karena memang unggulan kita di pikap,” ujar Lesly.

Sedangkan kabupaten/kota pendongkrak penjualan, Daihatsu tetap mengandalkan Kota Gowa, Kabupaten Maros, dan Makassar.  Hanya saja, daerah utara maupun selatan Sulsel tetap diharapkan bisa menopang penjualan.

Menurut Supervisor Astra Daihatsu Makassar Cabang Urip Sumoharjo,  Muhammad Arsal, mengejar target penjualan pihaknya masih akan mengandalkan mobil segmen pikap lewat Daihatsu Gran Max. Selain itu, ada Low Cost Green Car (LCGC) lewat Daihatsu Ayla.

“Kontribusi pikap untuk penjualan Daihatsu itu 45 persen. Selanjutnya, LCGC, SUV (Sport Utility Vehicle) Medium, kemudian lain-lain, Low Multi Purpose Vehicle (MPV) ,” kata Arsal.

Kepala Wilayah Indonesia Bagian Timur Astra International Daihatsu Sales Operation, Tulus Pambudi, menambahkan bahwa khusus di Sulsel market share Daihatsu terus meningkat. 

Hingga Oktober lalu, sekitar 27,3 persen. Capaian tertinggi di Makassar, sekitar 24,3 persen.

“Pada tahun 2023 tetap optimis sebab memang UMKM dan hasil-hasil pertanian dan perkebunan di Sulsel tetap baik, dan yang sangat besar dipengaruhi dari itu adalah pikap Gram Max,” tuturnya.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *