Penggunaan Anggaran Dana Desa harus di cega dengan cara melibatkan masyatakat yang kritis

 

 

 

Jejaksulawesi. Com

Seiring meningkatnya kucuran Dana Desa dari Pusat setiap tahun, harus dibarengi dengan sistem manajemen yang baik dan pengawasan yang ketat. Karena jumlahnya yang mencapai hampir 1 Milyar per desa pada tahun 2017 ini, menyebabkan uang itu rawan untuk di selewengkan.

Kepala desa yang betul-betul murni niatnya ingin membangun desa, pasti berusaha mencari cara mencegah korupsi dana desa. Bukan hanya Kepala desa saja, tetapi juga perangkat dan jajaran lainnya yang mempunyai andil di pemerintahan desa.

Salah satu upaya untuk mengantisipasi terjadinya korupsi dana desa maka warga harus ada yang kritis. Sehingga APBDesa yang bersumber dari uang pemerintah itu bisa di kelola secara transparan dan akuntabel. Dan pembangunan di desa pun akan berjalan maksimal.

Dan Salah satu Cara yang efektif dalam penggunana anggaran Dana desa agar tidak menimbulkan fitna dan konflik,perlu kiranya melibat andilkan masyarakat yang kritis dalam musyawarah penggunaan anggaran dana Desa.

Menteri Desa telah membuat regulasi penggunaan anggaran dana Desa yang harus di transparansikan ke publik dengan memasang baliho, tahun ini semua kepala desa di himbau segera mungkin melaksanakan amanah undang-undang transparansi anggaran.

Ketika tahun depan Desa tidak memasang baliho penggunanaan anggaran dana desa,maka wajib hukumnya di bawah ke proses hukum

Sebagai pemerhati Desa,kami akan siap melaporkan ke rana hukum ketika nntinya kepala desa tidak mematuhi perintah undang-undang.

Dana desa yang di kucurkan pemerintah pusat di tahun 2017 ini mencapai 1 miliyar rupiah, dengan anggaran yang begitu besar maka tidak ada alasan desa melakukan percepatan pembangunan.

Ketika sebuah desa tidak mengalami perubahan yang signifikan dengan kucuran dana yang begitu besar dari pemerintah pusat, perlula kiranya masyarakat membangun jiwa kritis dalam menulusuri kepala desa.

Penulis : Yahya (Aktivis Pemerhati Desa)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *